Card image cap

Bantuan Logistik untuk Masyarakat Terdampak Banjir Kalimantan Selatan

Sabtu, 23 Januari 2020, Relawan Yatim Mandiri Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan berkesempatan untuk mendistribusikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Desa Handil Birayang Bawah, Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut.


Desa Handil Birayang Bawah adalah salah satu desa yang terdampak korban banjir terparah di Kabupaten Tanah Laut. Saat relawan Yatim Mandiri mendistribusikan bantuan, kondisi jalan desa sudah bisa diakses, namun kondisinya bisa dikatakan rusak parah. Hampir semua rumah masyarakat di desa tersebut masih terendam air sekitar 30-40 cm. 


Berdasarkan informasi dari Kepala Desa (pembakal), Bapak Mawardi, desa tersebut baru bisa diakses melalui jalur darat sejak 4 hari yang lalu, sebelumnya memang putus total dan hanya bisa diakses menggunakan perahu/klotok. Karena itu, bantuan pemerintah maupun masyarakat baru 4 hari terakhir ini relatif lancar.


Bantuan dari Yatim Mandiri sendiri didistribusikan kepada masyarakat di RT 1 dan RT 2 yang terdiri dari 130 KK. Adapun bantuan yang diberikan yaitu berupa obat-obatan, popok bayi, sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, pakaian, dan sembako berupa beras, telur, mie instan, minyak goreng, gula, teh, kopi, dan susu. 


Untuk aktivitas masyarakat selama bencana banjir ini bisa dikatakan lumpuh total. Jika siang hari mereka pulang kerumah masing-masing untuk menjaga maupun membersihkan sebagian rumahnya. Namun malam harinya mereka kembali ke posko RT untuk beristirahat (tidur malam). Selain tidak dapat bekerja, bisa dipastikan mereka juga mengalami kerugian atas rusaknya benih-benih padi dan tanaman sayur mereka. 


Berdasarkan prediksi, surutnya banjir akan terjadi dalam waktu dekat ini. Maka bantuan yang dibutuhkan yaitu berupa perlengkapan dapur dan tenaga untuk membersihkan rumah masyarakat yang terdampak, khususnya rumah-rumah lansia dan masyarakat rentan lainnya. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam program ini, Insya Allah sekecil apapun bantuan yang diberikan akan sangat bermanfaat.

Sebarkan Kebaikan Anda

logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di