Card image cap

Terpesona dengan manfaat sedekah

Sebelum kita simak penjelasan yang lebih lanjut, penting untuk diketahui terlebih dahulu apakah itu yang dimaksud dengan pengertian sedekah. Sedekah adalah pemberian seorang muslim kepada orang lain secara ikhlas tanpa ada batasan waktu maupun jumlah. Sedekah lebih luas dari zakat, dan infak, sebab sedekah tidak hanya berupa pemberian materi, namun juga dapat dilakukan dengan menggunakan non materi. Yuk simak apa saja keajaiban bagi orang-orang yang gemar bersedekah!


  1. Dilipatgandakan oleh Allah Ta’ala


Salah satu manfaat bersedekah yang sering kita dengarkan dari ustadz ataupun guru-guru kita dulu yaitu dapat melipatgandakan harta maupun pahala. Ini merupakan suatu kepastian yang Allah Ta’ala janjikan kepada orang yang menafkahkan sebagian hartanya di jalan Allah SWT. Hal ini dapat kita jumpai dalam salah satu firmanNya dalam Al-Quran:


"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 261)


  1. Menolak balak


Tidak banyak orang yang melakukan ini, ketika kebanyakan dari kita terkena musibah atau sedang sakit yang menjadi orang pertama yang kita cari adalah dokter. Namun kita sebagai seorang muslim harus meminta kepada Allah Ta’ala terlebih dahulu, karena Dialah yang menciptakan segala sesuatu dan Dialah yang maha mengurus makhluknya. Namun hal ini tidak membuat kita enggan untuk berikhtiar dalam mencari masalah ataupun obat dari masalah ataupun sakit yang kita derita. 


Setelah kita memohon pertolongan Allah Ta’ala, barulah kita berikhtiar untuk mencari solusi ataupun obat. Salah satu cara yang ampuh untuk menghindari balak atau musibah yaitu dengan bersedekah. Hal ini telah disabdakan dalam salah satu hadits Nabi Muhammad Sallallahu ‘alihiwasallam.


Hadits riwayat At-Thabrani. “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo)”.


  1. Kehidupan semakin berkah


Ketika kita banyak memberikan manfaat kepada orang lain, maka secara otomatis akan mendekatkan diri kita kepada Allah Ta’ala. Hal ini juga membuktikan keimanan seseorang, karena tidaklah sempurna iman seseorang hingga dia mencintai saudaranya seperti dirinya sendiri. Hal ini menggambarkan kita sebagai sesama manusia, terlebih lagi sesama muslim memang diharuskan untuk berlomba lomba dalam berbuat kebaikan dan menebar manfaat kepada sesama.


  1. Harta yang disedekahkan akan kekal di sisi Allah Ta’ala


Sebagian orang masih mengira bahwa harta yang ada di dunia ini tidak bisa dibawa mati, padahal ketika kita membelanjakan harta tersebut maka Allah Ta’ala akan mengekalkan harta tersebut untuknya, bahkan Ia lipat gandakan dengan dengan jumlah yang banyak dan dengan hitungan yang tak terhingga.


Namun ada sebagian orang yang beramal sholeh namun tidak mendapatkan apa-apa, dan ia termasuk orang yang merugi. Hal ini dikarenakan ketika ia bersedekah ataupun beramal hanya mengharap kan pujian ataupun karena ada hal yang ia harapkan kepada makhluk Allah Ta’ala. Padahal semua makhluk di alam semesta ini tidak bisa memberikan apa-apa kepada manusia, maka kelak ketika ia di hisab oleh Allah Ta’ala tidak akan ada yang memberikan syafaat kepadanya, bahkan Allah enggan melihatnya disebabkan apa yang telah ia perbuat. Semoga kita semua dijauhkan dari hal-hal seperti ini.


Tentunya masih banyak lagi pesona-pesona sedekah yang tidak dapat kami jelaskan satu persatu pada kesempatan ini. Kamu bisa kok bersedekah kepada mereka yang membutuhkan, terutama bagi adik-adik yatim dan masyarakat dhuafa. Insya Allah donasi yang terkumpul akan kami salurkan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan dan layak dibantu. Yuk donasi sekarang dengan klik “donasi sekarang”.

Sebarkan Kebaikan Anda

logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di