Card image cap

Berbagi, Solusi Allah untuk Hamba-Nya

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Berbagi mempunyai banyak manfaat dan sisi keutamaan sekaligus adalah perintah Allah SWT: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261). 


Berbagi atau dengan kata lain shadaqah (sedekah) mempunyai definisi memberikan sesuatu ke orang lain serta semata-mata hanya mengharapkan ridha Allah SWT,sedekah mempunyai macam–macam bentuknya baik yang terwujud maupun tidak terwujud. Terwujud contohnya: sedekah uang (donasi), sedekah berupa barang, sedekah makanan, sedekah minuman, dll. Tak terwujud (abstrak): sedekah senyum, sedekah tenaga, sedekah pikiran(ide), sedekah motivasi, dll. 


Berbagi atau bersedekah sejatinya adalah karunia kepada hambanya sebagai solusi berbagai persoalan dihadapi perseorangan maupun masyarakat dengan bersedekah  dapat menolak balak,sedekah membawa perdamaian,sedekah memadamkan kemurkaan Allah. “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo).” (HR. At-Thabrani). 


Alhamdulillah Indonesia meraih rangking pertama sebagai negara paling dermawan di dunia menurut Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2021, selama tahun 2020 total skor sebesar 69 atau naik dari skor sebelumnya sebesar 59 pada 2018. Pada survey tersebut lebih dari 8 orang dari 10 orang Indonesia menyumbangkan uangnya dan tingkat sukarelawan negara lebih banyak dari tiga kali rata-rata global, hal ini patut kita syukuri karena kedermawanan adalah anugerah Allah SWT bagi bangsa Indonesia. 


Di tengah pandemi ini semakin banyak orang bersedekah secara online, dengan banyaknya orang berbagi diharapkan mampu menolong para dhuafa serta menjadi contoh bagi yang lain. sebagai makhluk individu dan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, manusia cenderung memiliki rasa untuk saling berbagi. 


Memberi sebagian harta kepada orang yang tidak mampu atau bersedekah sudah menjadi rutinitas yang tidak ditinggalkan bagi sebagian besar masyarakat, khususnya umat muslim. Penulis mengajak diri nya sendiri dan pembaca untuk terus berbagi atau bersedekah sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari karena harta yang kita miliki adalah titipan Allah SWT serta semua akan diminta pertanggung jawabannya.Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Oleh: Sugeng Riyadi, S.E Kepala Regional III LAZNAS Yatim Mandiri.

Sebarkan Kebaikan Anda

logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di