Card image cap

Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat islam di seluruh dunia. Pasalnya dalam bulan ramadhan ini, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, bahkan amal ibadah akan dibalas dengan balasan yang lebih banyak dibandingkan dengan hari diluar bulan ramadhan. 


Selain itu, salah satu malam dalam bulan ramadhan ini juga terdapat malam lailatul qodar. Yang mana malam lailatul qodar ini lebih baik dari seribu bulan. Dan banyak lagi keutamaan yang terdapat pada bulan ini, yuk simak penjelasan berikut:


1. Bulan Diwajibkannya Puasa Sebulan Penuh


Puasa ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim, kecuali bagi mereka yang memiliki udzur syar’i. Selain memiliki keutamaan dalam hal kesehatan, mereka yang berpuasa dengan mengharap ridha Allah Ta'ala akan mendapatkan dua kebahagiaan, yaitu kebahagian ketika berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Allah Ta’ala pada hari akhir nanti. 


2. Bulan Diturunkannya Al-Quran


"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 185)


3. Bulan Penuh Pengampunan


keutamaan lain dari bulan Ramadhan yaitu bulan dimana pintu-pintu syurga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup. Oleh sebab itu, Allah Ta’ala mengampuni setiap orang yang bertaubat di bulan ramadhan ini. “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari AllahTa’ala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari).


4. Bulan yang Terdapat Malam Lailatul Qodar


Apakah itu malam Lailatul Qodar? malam lailatul qodar adalah malam dimana Allah Ta’ala menurunkan ayat-ayat pertama dalam Al-Quran. Pada malam lailatul Qodar ini, Allah Ta’ala juga menugaskan kepada malaikatnya untuk turun ke bumi dengan berbagai macam tugas, salah satunya yaitu memberkahi orang-orang yang beribadah kepada Allah Rabbul 'alamiin. 


5. Dibelenggunya Setan-Setan


“Ketika masuk bulan ramadhan maka setan-setan dibelenggu, pintu-pintu syurga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup.” (HR Bukhari dan Muslim).


6. Bulan Dilipatgandakannya Pahala


“Setiap amalan yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman, kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku, Aku sendiri yang akan membalasnya, disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan untuk-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan, yaitu kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketukan ia berjumpa dengan Allah Ta’ala. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum disisi Allah Ta’ala daripada bau minyak kasturi.” HR. Bukhari Muslim.


Nah tunggu apa lagi Sahabat, mumpung kita masih berjumpa dengan bulan yang penuh berkah ini, yuk maksimalkan ibadah dan perbanyak sedekah! Kamu bisa bersedekah dengan mudah untuk adik-adik yatim dan masyarakat dhuafa dengan mengklik “Donasi Sekarang” dibawah ini.

Sebarkan Kebaikan Anda

logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di