Card image cap

Dahsyatnya Sedekah

Memberikan sebagian harta yang kita miliki merupakan salah satu amalan yang sangat di cintai oleh Allah Ta’ala dan Rasulullah Shallahu Alaihiwasallam. Hal tersebut juga diperintahkan oleh Allah Ta’ala yang diabadikan dalam Al-Quran, banyak sekali ayat yang menyatakan tentang sedekah, di antaranya yaitu:


"Dan berinfaklah kamu (bersedekah) di jalan Allah dan janganlah kamu mencampakkan diri kamu ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah kerana sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik". Al-Baqoroh : 195


Selain menjadi amalan yang dicintai oleh Allah, bersedekah juga akan memperbaiki hubungan sosial. Terlebih lagi kita sedang dilanda dengan musibah pandemi ini, banyak dari mereka yang harus kehilangan sebagian besar penghasilannya, bahkan mereka harus kehilangan pekerjaan/usaha yang telah mereka miliki.


Allah menjamin bahwa tidak akan berkurang harta seseorang apabila ia membelanjakannya di jalan Allah Ta’ala. Bahkan, harta yang disedekahkan akan diganti oleh sang Pemberi Rezeki dengan berlipat ganda, serta malaikat akan mendoakan orang yang bersedekah. "Ya Allah, berilah orang yang bersedekah, gantinya," seru para malaikat sepenjuru langit mendoakan orang yang bersedekah. (HR Bukhari Muslim).


Dikutip dari Merdeka.com dalam Kitab Risalah Nawadirul Hikayah karya Ahmad Syihabuddin bin Salamah Al Qulyubi, diceritakan bahwa suatu masa Aisyah RA membebaskan seorang budak wanita karena merasa kasihan. Meski sudah dibebaskan, budak tersebut ikut ke rumah Aisyah. Tiba-tiba Malaikat Jibril mendatangi rumah tersebut dan menyampaikan kepada Rasulullah SAW."Wahai Muhammad, keluarkanlah budak itu dari rumahmu! Karena sesungguhnya dia adalah ahli neraka," kata Jibril.


Rasulullah dengan berhati-hati menyampaikan kata Jibril tersebut ke Aisyah. Dia terkejut dengan omongan Rasulullah, sebab Aisyah mengaku membebaskan budak wanita itu karena iba tanpa mengetahui penyebab budak itu dilabeli ahli neraka. Dia pun menuruti permintaan Rasulullah dan melepaskan budak tersebut pergi. Namun dia juga membekali budak itu dengan beberapa kurma untuk bekal di perjalanan. Budak itu pergi berurai air mata. Di perjalanan, dia merasa kelaparan dan kelelahan.


Kurma pemberian Aisyah pun dimakan. Namun baru makan satu buah, datang pengemis faqir meminta kurma itu karena belum makan. aIba melihat pengemis tersebut, budak itu ikhlas memberikan semua kurma yang tersisa meski rasa lapar masih bersarang di perutnya. Tak lama, Jibril kembali ke rumah Nabi Muhammad SAW. Jibril membawa perintah ke Rasulullah mengambil kembali budak wanita itu untuk tinggal di rumahnya. Sedekah telah mengantar budak wanita ahli neraka itu menuju surga.

Sebarkan Kebaikan Anda

logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di