Card image cap

Sedekah

Sedekah merupakan salah satu amal yang sering kita dengar, bahkan sering kita lakukan. Sedekah sendiri merupakan pemberian seorang muslim kepada orang lain, baik itu dalam bentuk harta maupun bukan harta. Sedekah sendiri lebih luas maknanya dari zakat maupun infak. Sebab sedekah sendiri tidak terikat dengan waktu, tempat jumlah, serta siapa saja boleh menerima.


Sedekah sendiri salah satu amal yang sangat dianjurkan dalam islam. Sebab banyak sekali ayat-ayat yang bersinggungan langsung dengan sedekah. Salah satunya yaitu QS. Al-Baqarah 2: Ayat 271 yang berbunyi "Jika kamu menampakkan sedekah-sedekah mu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebahagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."


Tentunya diantara kitas pasti sedikit banyaknya sudah mengetahui keutamaan-keutamaan dalam bersedekah. Namun tidak sedikit diantara kita yang memiliki harta yang cukup, namun enggan untuk bersedekah. Justru ada yang hidup dengan berkecukupan tapi gencar untuk berbagi kepada orang lain. Diantara banyaknya manfaat sedekah yaitu:

1. Dilipat gandakan oleh Allah Ta’ala

Nah tentunya setiap amal yang kita lakukan akan dibalas oleh Allah Ta’ala. Namun balasan tersebut tidak mesti diganti dengan harta semata, bisa jadi Allah menjauhkan kita dari musibah, diberikan kesehatan, ataupun dengan kenikmatannya yang lain. Hal ini menjadi salah satu amal yang mudah dilakukan namun memiliki segudang manfaat.

2. Dapat menghapus dosa

Tentunya sedekah yang kita berikan kepada orang lain dengan ikhlas serta hanya mengharap ridho Allah Ta’ala, maka sedekah tersebut akan menjadi pahala serta menjadi penghapus dosa-dosa baginya. Hal ini diperkuat oleh salah satu hadits Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam yang berbunyi “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR Tirmidzi)

3. Dimudahkan untuk mencari rezeki yang halal

Sedekah yang kamu berikan merupakan bukti bahwa semua pekerjaan yang kamu lakukan selalu dibawah pengawasan Allah Ta’ala. Jika saja kita tidak memperdulikan lagi nilai-nilai agama, maka kita akan mencari harta dengan cara apapun. Tidak peduli apakah itu halal atau haram.


Nah, jika kita bekerja dengan niat mencari rezeki yang halal, terlebih lagi di sebagian rezeki tersebut kamu berikan kepada orang lain yang membutuhkan, maka Allah akan mempermudah kamu untuk mendapatkan rezeki tersebut. Meskipun tidak selalu dengan jumlah yang banyak, namun cukup untuk memenuhi semua kebutuhanmu dan keluarga.

4. Menenangkan hati

Sedekah yang kita berikan dari harta yang halal akan menjadi penenang bagi kehidupan. Meskipun hidup dengan berkecukupan, Allah Ta’ala berikan keberkahan dari hartanya. Sehingga dengan hartanya itu ia bisa beribadah dengan tenang seta cukup untuk menafkahi keluarga. Nah berbeda dengan sedekah yang diberikan dari harta yang haram. Hal itu tidak akan bermanfaat baginya, sebab Allah tidak menerima sedekah dari harta yang haram meskipun dengan jumlah yang banyak. 


Yuk berikan sedekah terbaikmu untuk adik-adik yatim dhuafa dengan cara klik "Donasi Sekarang"

Sebarkan Kebaikan Anda

logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di