Card image cap

Yang Berhak Atas Zakat

Sebagai salah satu rukun islam zakat telah diatur sedemikian rupa oleh Allah dan Rasulnya, salah satunya yaitu siapa saja yang berhak untuk menerimanya. Berbeda dengan sedekah ataupun hadiah, zakat telah ditetapkan oleh Allah dalam QS. At-Taubah ayat 60.

Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, Amil, mu’alaf, untuk memerdekakan budak, orang-orang yang terlilit berhutang, untuk fisabilillah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.(QS. At-Taubah: 60)

Allah memberikan ketentuan bagi siapa saja yang menerimanya. Adapun mereka yang berhak menerima zakat yaitu:

1. Fakir -> Yaitu orang yang tidak memiliki harta bahkan untuk memenuhi kehidupan sendiri saja sangat sulit. Seperti orang tua renta, orang yang terkena penyakit parah dan lain-lain.

2. Miskin -> Yaitu Mereka yang memiliki harta namun tidak mencukupi kebutuhan hidup

3. Amil -> Mereka yang bertugas untuk mengumpulkan dan mendistribusikan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Biasanya telah terdaftar oleh negara dan telah memiliki izin.

4. Muallaf -> Mereka yang diberikan oleh Allah petunjuk untuk memeluk agama islam.

5. Hamba sahaya -> yaitu budak-budak yang belum merdeka.

6. Gharimin -> mereka yang terlilit hutang namun tidak memiliki apa-apa untuk membayar hutang tersebut hingga perlu dibantu untuk bisa melunasinya.

7. Fisabilillah -> yaitu mereka yang sedang berjuang di jalan Allah biasanya untuk berdakwah, menuntut ilmu agama, dan lain sebgainya.

8. Ibnus Sabil -> mereka yang sedang dalam perjalanan namun kehabisan bekal atau kehilangan hartanya sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan.

 

Jadi jangan sampai salah memberi zakatmu ya sahabat, agar bisa lebih bermanfaat lagi maka dianjurkan untuk membayar zakat kepada lembaga zakat yang telah terdaftar dan memiliki izin untuk mengambil dana zakat dan akan disalurkan kepada 8 asnaf yang telah disebutkan tadi. Insya Allah akan lebih bermanfaat dalam membangun dan memberdayakan umat.

 

 

Sebarkan Kebaikan Anda

logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di