Card image cap

Sedekah, Membawa Ahli Neraka Menjadi Ahli Syurga

Dalam suatu riwayat kala itu dikisahkan bahwa Aisyah RA berjalan menyusuri pasar, di tengah-tengah langkah ia berhenti. Tepat di depan matanya ia melihat seorang budak tengah ditawarkan oleh pemiliknya.

Dengan perasaan iba, Aisyah RA membeli budak tersebut dan mengajaknya ke rumah. Berpakaian lusuh dengan kulit hitam legam, budak wanita itu mengikuti langkah kaki Aisyah RA.

Setibanya di rumah, Aisyah memperkenalkannya kepada Rasulullah. Pada saat yang bersamaan, malaikat jibril hadir untuk menyampaikan berita kepada Rasulullah.

"Wahai Rasulullah, keluarkan budak itu dari rumahmu! Sesungguhnya dia adalah ahli neraka" kata jibril

Mendengar hal tersebut Rasulullah seketika itu menyampaikan kepada Aisyah bahwa mereka tidak dapat menerima budak tersebut di rumah mereka. Aisyah nampak terkejut mendengar kata-kata baginda nabi.

Walau tak tega, Aisyah akhirnya melepaskan budak tersebut dan membiarkannya pergi. Namun sebelum pergi istri Rasulullah itu memberikan beberapa kurma untuk bekal diperjalanan

Di perjalanannya, budak wanita tersebut merasa lapar dan kelelahan. Ia teringat kurma pemberian isteri Rasulullah, Aisyah RA. Belum habis satu buah kurma ia makan, datanglah seorang pengemis faqir yang meminta makanan. Merasa iba dengan pengemis tersebut, sang budak memberikan semua kurma yang tersisa untuk pengemis itu, walau ia masih dalam keadaan lapar

Tak lama setelah kejadian itu, jibril kembali ke rumah Rasulullah menyampaikan wahyu untuk membawa budak itu kembali ke rumah baginda nabi, karena sedekah sudah mengantarkan budak tersebut menuju surga Allah.

MasyaAllah begitu hebat manfaat sedekah yang kita keluarkan bagi orang lain. Walau hanya sebiji kurma ternyata dapat mengantarkan kita menuju syurga. Karena sesungguhnya bukanlah banyak jumlah uang atau barang yang kita sedekahkan, tapi dari keikhlasan hati. Jika ada niatan sedekah yuk jangan ditunda lagi. Karena dari sedekah tersebut banyak keberkahan yang kita akan dapatkan.

Sebarkan Kebaikan Anda

logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di