Card image cap

Manfaat Berinfak

Kita sebagai manusia pasti tidak akan terlepas dari bantuan orang lain, siapapun itu pasti akan membutuhkan orang lain untuk membantu keberlangsungan hidupnya. Salah satu amalan yang dicintai oleh Allah yaitu berinfak. apakah itu infak? 


infak berasal dari bahasa Arab yaitu anfaqa-yunfiqu yang berarti membelanjakan harta atau membiayai suatu hal yang berhubungan dengan syariat-syariat Allah. Sedangkan menurut istilah KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Yaitu harta sumbangan yang diberikan selain zakat wajib dan digunakan untuk kebaikan. Sedangkan menurut istilah infak berarti mengeluarkan sebagian harta atau pendapatan/penghasilan untuk sesuatu yang dianjurkan dalam ajaran agama islam.


Infak sendiri memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan, baik itu bagi yang berinfak maupun orang yang menerima infak. Apa saja manfaat berinfak, yuk simak penjelasan berikut :


  1. Allah mengganti harta yang diinfakkan 


Allah telah menjelaskan dalam Al-Quran bahwa manusia itu ditakut-takuti oleh syaitan dengan kemiskinan, padahal Allah telah menjadim rezeki dari setiap manusia sebagai firmannya yang berbunyi :


“Dan tidak satupun Makhluk melata di bumi ini melainkan semuanya dijamin oleh Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediaman dan penyimpanan. Semua tertulis dalam kitab yang nyata.” (Hud : 6)


Kemudian dalam ayat lain dikatakan bahwa Allah mengganti harta orang-orang yang berinfak di jalan Allah. Sebagaimana firman Allah berikut “perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai, dan pada setiap tangkai terdapat seratus biji. Allah maha melipatkan ganjaran bagi siapa yang ia kehendaki. Dan Allah maha luas karunia-Nya lagi maha mengetahui. (Al-Baqarah : 261)


  1. mendapatkan naungan pada hari kiamat


Sebagai umat islam sudah menjadi kewajiban kita untuk terus beribadah kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama, dengan kita berinfak maka Allah akan memberikan kemudahan dalam setiap urusan-urusan kita. Sebagaimana yang terdapat dalam hadits riwayat Imam Ahmad “wahai anak adam infakkanlah (sebagian hartamu) niscaya Aku akan memberikan nafkah-Ku kepada mu”


  1. menjadi obat 


Salah satu manfaat kita berinfak yaitu bisa menjadi obat baik itu obat penyakit fisik maupun obat penyakit hati. Sebagaimana yang di kutip dari kalam.sindonews.com bahwa Ustaz Zaidul Akbar, dokter yang juga penggagas Jurus Sehat ala Rasulullah (JSR) memberi nasihat indah tentang keutamaan bersedekah. Dalam postingannya di akun IG @zaidulakbar, beliau mengatakan bahwa sedekah adalah obat terbaik untuk penyakit fisik.


  1. menumbuhkan kepedulian terhadap sesama


Dengan kita sering berinfak dan berbagi kepada sesama, maka secara tidak langsung kita telah berkontribusi untuk membantu mereka yang membutuhkan. Selain menjadi amal kebaikan bagi orang yang melakukannya, ia juga akan sangat bermanfaat bagi orang yang akan menerima bantuan tersebut. Dalam salah satu hadits dikatakan bahwa “Sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia.” (HR Ahmad)

Sebarkan Kebaikan Anda

logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di