Card image cap

Keutamaan Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan salah satu amalan sunnah yang memiliki keistimewaan tersendiri, pasalnya orang yang melaksanakan amalan sholat dhuha akan dijamin rezekinya pada hari itu. Namun, keutamaan sholat dhuha tak berhenti di situ saja. Ada berbagai macam keutaman yang akan kita dapatkan ketika melaksanakan sholat dhuha yang dapat dijadikan penolong selama hidup di dunia. Yuk, simak apa saja keutamaan melaksanakan sholat dhuha di bawah ini.

 

  1. Mendapatkan rumah di syurga

Allah akan memberikan ganjaran bagi hambanya yang selalu bertakwa kepanya, semua amalan akan dibalas sesuai dengan perbuatan masing-masing. Ganjaran bagi orang yang mengamalkan amalan sholat dhuha yaitu mendapatkan jaminan rumah di syurga kelak.

Jaminan rumah di syurga ini akan diperoleh bagi orang yang mengerjakan sholat dhuha dengan ikhlas dan mengharapkan ridho Allah. Sebagaimana bunyi hadits berikut:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:  “Barang siapa yang (melaksanakan) shalat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami’ No. 634)

  1. Pahalanya sama dengan sedekah

Sebagaimana yang disampaikan dalam sebuah Hadis Riwayat Muslim yang berbunyi: “Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya.

Sedekah bukan hanya bisa dilakukan dengan harta dan uang saja namu sedekah bisa berbentuk apa saja, mulai dari senyum, berdzikir, bahkan  shalat dhuha dua rakaat pun merupakan sedekah. Ini semua tergantung dengan kemampuan yang kita miliki.

Sesuai dengan hadits diatas kita harus sering bersedekah untuk anggota tubuh kita, salah satu cara untuk mensedekahkan anggota tubuh kita yaitu dengan melaksanakan sholat dhuha.

Jadi meskipun kamu tidak memiliki cukup uang, kamu tetap bisa bersedekah dengan melakukan sholat dhuha. Sungguh Allah sangat mengerti dan mencintai makhluk-Nya.

  1. Dicukupkannya rezeki

Allah akan mencukupkan rezeki bagi orang yang melaksanakan sholat dhuha, sebagaimana bunyi hadits berikut “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu (rezeki)  di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

Kecukupan rezeki merupakan hal penting yang jarang didapati oleh orang lain, banyak dari mereka yang memiliki harta yang banyak namun tidak merasa puas dengan apa yang telah dimilikinya.

  1. Memiliki wajah yang berseri

Orang yang rajin berwudhu akan senantiasa memancarkan cahaya di wajahnya, mereka selalu membasuh wajahnya dengan air lebih dari lima kali dalam sehari. Rajin berwudhu akan membuat pelakunya dilindungi dari mara bahaya karena mereka selalu dalam keadaan suci.

Jika ditinjau dari segi medis banyak sekali manfaat yang akan didapatkan ketika orang tersebut rajin berwudhu. Selain keajaiban dari sebuah air wudhu itu sendiri, sholat dhuha memang dapat membuat wajah orang yang rajin melaksanakannya terlihat lebih cerah dan nampak lebih teduh, sehingga banyak orang yang akan suka dan jatuh hati padanya.

 

Sebarkan Kebaikan Anda

logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di