Card image cap

BERINFAK DI WAKTU SUSAH

Suka melakukan amalan-amalan kebaikan merupakan ciri-ciri orang yang dicintai oleh Allah, salah satu ciri-ciri amalan orang yang dicintai oleh Allah yaitu gemar berbagi kepada sesama. Bukankah bersedekah mampu mendatang kan banyak keberkahan dan manfaat bagi siapa yang mau melakukannya.

Seperti yang dijelaskan dalam firman-Nya, “Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah: 274)

Jika sebelumnya kita membahas mengenai sedekah di waktu lapang, bersedekah di waktu sempit juga dianjurkan. Yang dimaksud dengan sedekah diwaktu sempit adalah melakukan sedekah ketika juga sedang membutuhkan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sedekah tidak hanya bisa dilakukan dengan uang atau harta melainkan dengan cara lain misalnya menyedekahkan ilmu yang kita miliki kepada orang lain. Dengan bersedekah pada saat keadaan kita sempit adalah sesuatu yang sangat menakjubkan.

Dengan bersedekah saat dalam keadaan sempit , tentu ini adalah salah satu bukti tentang keimanan kita. Meskipun dalam keadaan yang sempit, seseorang bersedekah akan mendapatkan ganjaran yang berlipat dari Allah SWT.

Begitu juga Rasulullah pernah menjelaskan tentang keutamaan bersedekah di masa sulit, “Wahai Rasulullah, sedekah yang mana yang lebih besar pahalanya?” Beliau menjawab, “Engkau bersedekah pada saat kamu masih sehat disertai pelit (sulit mengeluarkan harta), saat kamu takut menjadi fakir, dan saat kamu berangan-angan menjadi kaya. Dan janganlah engkau menunda-nunda sedekah itu hingga apabila nyawamu telah sampai di tenggorokan, kamu baru berkata, “Untuk si fulan sekian dan untuk fulan sekian, dan harta itu sudah menjadi hak si fulan.” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 1419 dan Muslim no. 1032).

Hikmah yang bisa kita ambil yaitu Allah sangat menyukai seseorang yang ketika dalam keadaan lapang dan memiliki banyak harta ia rajin dalam mensedekahkan hartanya. Meskipun orang dalam keadaan yang sempit, hal tersebut tidak menghentikannya untuk berinfak di jalan Allah.

Oleh karena itu, Orang yang bersedekah dalam waktu lapang dan sempit adalah orang yang istimewa bagi Allah SWT. Karena dengan bersedekah akan menghilangkan sifat sombong yang kita miliki serta membuktikan keimanan dan kecintaan kita kepada Allah dan Rasulnya.

Sebarkan Kebaikan Anda

logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di