Generic placeholder image
KISAH ABU BAKAR DAN NENEK TUA

Siapa yang tidak mengenal sahabat Nabi Abu bakar Ash-Shiddiq, ia merupakan salah satu orang sangat dicintai oleh Nabi. Hidupnya dihabiskan untuk selalu menemani Rasulullah dalam menyampaikan dakwah kepada umat manusia. Setelah Nabi meninggal dunia ia sebagai khalifah pertama yang menggantikannya. Begitu banyak kisah-kisah kebaikan yang telah dilakukan oleh Abu bakar, bahkan ia tak segan untuk memberikan semua hartanya untuk di belanjakan di jalan Allah.

Generic placeholder image
Kebaikan Bulan Muharram

Sebentar lagi kita akan berjumpa dengan tahun baru islam, penetapan tahun islam (hijriah) ini berlaku pada masa khalifah Umar bin Khattab. Permulaan bulan hijriah dimulai dengan bulan Muharam hingga zulhijjah. Bulan Muharam merupakan salah satu bilangan bulan yang telah ditetapkan dalam islam, banyak sekali keutamaan keutamaan yang akan kita dapatkan di dalamnya.

Generic placeholder image
PERAN PEMUDA DALAM KEMERDEKAAN

Indonesia pada hari senin, tanggal 17 Agustus 2020 baru saja merayakan kemerdekaannya yang ke 75 tahun. Kemerdekaan ini didapat dengan perjuangan yang sangat panjang, perjuangan tersebut tidak akan lepas dari peran pemuda-pemudi indonesia.

Bagaimana pada saat detik-detik perancangan kemerdekaan indonesia, pemuda sangat antusias dal[...]

Generic placeholder image
Keutamaan Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan salah satu amalan sunnah yang memiliki keistimewaan tersendiri, pasalnya orang yang melaksanakan amalan sholat dhuha akan dijamin rezekinya pada hari itu. Namun, keutamaan sholat dhuha tak berhenti di situ saja. Ada berbagai macam keutaman yang akan kita dapatkan ketika melaksanakan sholat dhuha yang dapat dijadikan penolong selama[...]

Generic placeholder image
Hak-Hak Anak Yatim Dalam Islam

Islam telah mengajarkan kita untuk memuliakan anak yatim, banyak sekali ayat-ayat Al-Qur’an yang memerintah kan kita untuk berlaku baik kepada mereka. Salah satu ayat yang memerintahkan kita untuk berlaku baik kepada mereka yaitu terdapat dalam surah (QS. Al Ma'un: 1-7). yang berbunyi “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan hari pembalasan? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu[...]

Generic placeholder image
Sifat Jujur Abdullah bin Mas’ud

Sifat jujur merupakan salah satu sifat yang tidak dimiliki oleh setiap orang pasalnya banyak orang latar belakang pendidikannya bagus namun mereka tidak memiliki kepribadian jujur, akibatnya mereka sulit untuk mendapatkan ketenangan hidup.

Orang-orang jujur ini banyak sekali kita jumpai kisah-kisahnya pada zaman Nabi Muhammad, salah satunya yaitu kisah Abdullah bin Mas’ud yang menjadi pengembala kambing.

[...]
Generic placeholder image
BERINFAK DI WAKTU SUSAH

Suka melakukan amalan-amalan kebaikan merupakan ciri-ciri orang yang dicintai oleh Allah, salah satu ciri-ciri amalan orang yang dicintai oleh Allah yaitu gemar berbagi kepada sesama. Bukankah bersedekah mampu mendatang kan banyak keberkahan dan manfaat bagi siapa yang mau melakukannya.

Seperti yang dijelaskan dalam firman-Nya, “Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tida[...]

Generic placeholder image
SEDEKAH TIDAK AKAN MEMBUATMU MISKIN

Sedekah adalah amalan yang mulia, apalagi jika mengamalkannya dikala kita dalam keadaan sulit. Harta yang kita sedekahkan secara fisik memanglah berkurang, namun Allah telah berjanji dalam Al-Qur’an akan mengganti sesuatu yang kita beri dengan sesuatu yang lebih baik.

Bersedekah bisa jadi cara kita bersyukur atas rezeki yang diberikan Allah. Rezeki itu bukan sebatas pada harta atau materi semata. Lebih dari itu, rezeki yang kita dapat bisa jadi bentuknya dalam kesehatan dan kenyam[...]

Generic placeholder image
Janji Allah untuk Orang yang Berinfak

Berinfak merupakan salah satu kebiasaan orang-yang bertaqwa kepada Allah. Dengan berinfak banyak sekali manfaat-manfaat yang akan kita dapatkan baik itu untuk diri kita sendiri maupun untuk orang yang menerima sedekah tersebut. Dengan berinfak kita telah membantu saudara-saudara kita yang lebih membutuhkan, Allah telah berjanji dalam Al-Quran akan memberi balasan yang lebih kepada orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, sebagai mana firmannya d[...]

Generic placeholder image
Kisah Nabi dan Anak Yatim yang Lusuh

Pada suatu kisah diceritakan bahwa ketika semua orang bergembira menyambut hari raya, namun ada seorang gadis kecil di sudut jalan Kota Madinah dengan pakaian lusuh. Dia seorang diri dan tampak menangis tersedu-sedu. Tatkala Rasulullah lewat di dekat gadis tersebut kemudian Dia melihat gadis itu, kemudian beliau menghampirinya. Anakku, mengapa kamu menangis? Hari ini adalah hari raya bukan?, ujar Rasulullah.


logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di