Card image
Sehat Nikmat dengan Salad

Pada momen lebaran lalu, identik dengan makanan daerah yang beraneka ragam. Seperti ketupat, gulai, soto daging, rendang, dan berbagai macam makanan lainnya. Saking nikmatnya makan saat lebaran, kita lupa untuk mengendalikan nafsu makan. Nah, sekarang saatnya kita untuk membersihkan tubuh dengan makanan yang lebih sehat.

Salah satunya dengan salad sayur. Makanan yang satu ini memang sudah tidak asing bagi kita. Namun, sangat jarang yang menyukainya karena terkadang terasa pahit dan hambar. Dalam membuat salad sayur, tak harus semua bahan yang dipakai dari sayuran. Kita tetap butuh protein dan karbohidrat di dalamnya. Agar gizi yang masuk tetap terpenuhi dengan lengkap.

Tak ada salahnya menambahkan daging dengan bumbu lada hitam dan jamur kancing sebagai protein. Sedangkan karbohidrat bisa didapat dari mash potato atau rebusan ubi. Agar salad tidak hambar, taburi dengan kacang edamame dan keju parmesan. Rasanya akan jauh lebih gurih. Salad sayur tak lengkap jika tanpa dressing atau saus campurannya. Seperti caesar dressing yang terbuat dari mustard, minyak zaitun, serta perasan lemon. Atau pesto dressing yang bisa dibuat dari campuran daun basil yang memberikan aroma seperti pizza.

Membungkus salad dengan tortilla atau kulit kebab bisa menjadi alternatif jika Anda kurang suka memakan sayur secara langsung. Dengan tambahan tortilla, salad sayur akan terasa lebih gurih. Tambahkan daging ayam dan telur sebagai extra protein. Anda pun akan merasa seperti sedang makan kebab.

Jus buah adalah pilihan yang tepat untuk mendampingi salad sayur. Dalam kondisi seperti ini, jus buah campuran wortel, apel, jeruk dan lemon bisa menambah daya tahan tubuh karena kaya vitamin C. Anda juga bisa mencoba jus campuran pisang dan blueberry atau strawberry yang telah dibekukan agar rasanya lebih creamy dan nikmat.

Sebarkan Kebaikan Anda

INFAK YATIM adalah Platform Donasi Digital milik LAZNAS Yatim Mandiri, sebagai media untuk memudahkan donatur dalam menyalurkan donasi infak/sedekahnya.