Card image cap

Sa'ad dan Anak Panah Pertama

Sa'ad bin Abi Waqash merupakan seorang orang Muslim yang pertama kali melepaskan anak panah dalam jihad Islam, Dan dia juga mujahid pertama yang terkena anak panah ketika perang.

Pernah suatu kali Rasulullah berkata di tengah Perang Uhud, "Panahlah hai Sa'ad! Ibu bapakku menjadi jaminan bagimu." Bahkan Ali bin Abi Thalib mengatakan: "Tidak pernah aku dengar Rasulullah mengatakan ibu bapaknya sebagai jaminan seseorang kecuali untuk Sa'ad."

Sa'ad merupakan seorang pejuang Muslim yang paling berani, Ia mempunyai dua kekuatan yang sangat ampuh yaitu panah dan doanya. Jika ia memanah, pasti pasti akan mengenai sasaran yang ia tuju. Jika ia berdoa pasti akan dikabulkan. Hal tersebut berupakan berkat doa Rasulullah untuk Sa'ad.  Pada suatu hari Rasulullah pernah melihat sa’ad sedang mengerjakan suatu hal yang sangat disukai oleh Rasulullah. Oleh karena itu ia pun langsung didoakan kebaikan oleh rasulullah. Demikian lah Sa’ad menjadi orang yang terkenal dengan keahliannya dikarenakan doanya sang Nabi. Kelak fitnah akan terjadi pada sang khalifah terakhir, Ia mendengar seseorang mencaci maki Ali bin Abithalib, bahkan orang tersebut menolak untuk berhenti mencacimaki sang khalifah tersebut.

Maka Sa'ad Pun hendak mendoakan orang tersebut, namun ia berujar “ apakah kamu hendak menakuti aku, padahal kamu bukan seorang Nabi”.

Oleh karena itu Sa’ad pun pergi mengambil wudhu dan melanjutkan dengan shalat dua rakaat, kemudian barulah ia berdoa kepada Allah. Tidak lama kemudian datanglah seekor unta liar yang menabrak orang tersebut hingga meninggal dunia. 

Ini merupakan salah satu kisah yang memiliki banyak pelajaran yang dapat kita ambil, semoga apa yang telah ditulis dapat bermanfaat serta menambah wawasan. Jika ada kesalahan dimohonkan ridho dan maafnya. lebih kurang mohon maaf.

 

Sebarkan Kebaikan Anda

logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di