Card image cap

Qurban Bentuk Manifestasi Rasa Syukur dan Taqwa

H. Imam Fahrudin, S.E (Sekretaris Eksekutif LAZNAS Yatim Mandiri)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Subhanallah, ibadah qurban merupakan ibadah bukti cinta kita kepada Allah SWT. Nabi Ibrahim As karena cintanya kepada Allah, anak tercinta yang sekian lama dirindukan, rela dikorbankan. Allah pun mengabadikan mereka saat Idul Adha. Ini adalah aplikasi cintanya seorang hamba kepada Sang Pencipta, sebagai bukti ketaqwaan serta bentuk syukur kita atas segala nikmat yang diberikan Allah kepada kita.

Semakin yakin kepada Allah, semakin ringan pula untuk melakukan apa saja yang disukai Allah. Semakin melimpah pula kebaikan yang kita tanamkan. Sebaliknya, semakin kurang yakin kepada Allah, semakin  pelit dan banyak perhitungan lebih-lebih ketika kita mau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan finansial. Padahal, apa yang dititipkan selama ini semata-mata hanyalah titipan belaka.

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". QS. Ibrahim: 7

Bersyukur atas apa yang sudah diberikan Allah, dengan cara meningkatkan ketaqwaan, salah satunya yakni melaksanakan perintah berqurban ini.

Qurban tidak sekedar memiliki dimensi religius yang menghubungkan makhluk dengan Allah, Sang Pencipta. Qurban bukan sekedar penyembelihan binatang dan aktivitas membagikan daging qurban kepada mereka yang tidak mampu, namun memiliki dimensi sosial. Menjadikan semua lingkup sosial bergembira, suka ria atas datangnya hari raya tersebut. Khususnya bagi mereka anak-anak yatim dan dhuafa yang mungkin jarang sekali merasakan kenikmatan dengan merasakan olahan daging qurban yang mereka dapatkan.

Yatim Mandiri melalui program SGQ (Super Gizi Qurban) adalah salah satu cara mewujudkannya atas kebahagiaan kepada anak-anak yatim dan dhuafa di pelosok daerah negeri ini. Dengan memberikan daging qurban yang sudah diolah menjadi sosis dan kare sebagai bentuk peningkatan gizi untuk mereka. Amanah dari para donatur yang berqurban  kita olah menjadi makanan kaleng dalam bentuk sosis dan kare.

Dari mulai pemilihan hewan qurban yang sehat serta sudah memenuhi umur penyembelihan proses penyembelihan sampai dengan pengolahan daging sesuai dengan syar’i dan bersertifikat halal dari MUI. Dengan Program SGQ ini diharapkan setiap pelosok daerah bisa merasakan kebahagiaan dan memberikan nilai peningkatan gizi buat mereka.

Semoga para pembaca serta donatur sekalian, tahun ini 1440H mampu melaksanakan perintah berqurban sebagai bentuk ketaqwaan dan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Kami siap menerima amanah dan menyalurkan kepada mereka anak-anak yatim dan dhuafa di pelosok negeri ini. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sebarkan Kebaikan Anda

logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di