Card image cap

PERAN PEMUDA DALAM KEMERDEKAAN

Indonesia pada hari senin, tanggal 17 Agustus 2020 baru saja merayakan kemerdekaannya yang ke 75 tahun. Kemerdekaan ini didapat dengan perjuangan yang sangat panjang, perjuangan tersebut tidak akan lepas dari peran pemuda-pemudi indonesia.

Bagaimana pada saat detik-detik perancangan kemerdekaan indonesia, pemuda sangat antusias dalam mengamankan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Pengamanan tersebut dilakukan dengan tujuan agar tidak ada yang mengganggu atau mempengaruhi kemerdekaan indonesia baik itu oleh pihak Jepang maupun sekutu. Selain itu, juga terdapat peristiwa besar yaitu peristiwa Rengasdengklok yang terjadi karena adanya perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda.

Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Ahmad Soebardjo yang termasuk golongan tua berpendapat bahwa pelaksanaan proklamasi tetap dilaksanakan dengan PPKI agar tidak memancing konflik dengan Jepang. Akan Tetapi golongan muda tidak setuju, mereka khawatir kemerdekaan bangsa indonesia akan dipengaruhi pihak lain yang tidak menginginkan indonesia merdeka.

Walaupun indonesia telah 75 tahun merdeka, bukan berarti kita sebagai generasi muda sudah tidak memiliki peran dan tanggung jawab. Generasi muda memiliki peran yang sangat besar dalam mengisi kemerdekaan indonesia. Sebagaimana kita lihat sekarang, para pemuda sibuk untuk bermain game online hingga lupa waktu. Itu semua merupakan ancaman-ancaman yang begitu jelas bagi bangsa kita, jika pemuda kita sibuk dengan hal-hal yang tidak berguna maka ia tidak akan lagi memikirkan masa depan bangsanya.

Lantas kita sebagai pemuda apakah yang harus kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan kita? 

 

  1. Semangat dalam belajar dan berkarya

Sebagai pemuda, sudah menjadi kewajiban kita untuk terus belajar dan berkarya. Dengan banyak belajar dan berkarya kita akan mampu untuk bersaing dengan negara-negara lain. Ini sangat penting agar bangsa kita tidak lagi banyak bergantung kepada bangsa lain.

  1. Saling menghormati

Saling menghormati merupakan kunci dari kesatuan bangsa kita. Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, ribuan suku bangsa, serta ribuan bahasa dan adat tidak akan mungkin mampu untuk bersatu jika kita tidak bisa saling menghormati. Perbedaan yang ada jangan kita jadikan sebagai sarana untuk perpecahan, justru kita terima dan kita jadikan sebagai perekat bangsa.

  1. Berjiwa nasionalisme

Memiliki jiwa nasionalisme merupakan hal penting yang harus kita tanamkan dalam diri kita. Dengan adanya jiwa nasionalisme dan cinta tanah air, maka kita akan berusaha untuk selalu menjaga keutuhan negara. Bagaimana perjuangan pahlawan bangsa yang rela mengorbankan harta bahkan nyawanya demi tegaknya negara yang merdeka. Itu semua harus kita jaga dengan segenap jiwa raga kita. 

  1. Melakukan hal-hal positif

Salah satu hal positif yang bisa kita lakukan yaitu mengikuti ekstrakulikuler sekolah, mulai dari PMR, pramuka, baris berbaris dan lain-lain. Dengan kita mengikuti organisasi ini, kita akan mendapatkan pendidikan disiplin serta bertambahnya ilmu dan wawasan. Selain itu, ilmu yang kita dapatkan bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Serta masih banyak lagi hal-hal yang bisa kita lakukan sebagai pemuda dalam mengisi kemerdekaan ini.

Sebarkan Kebaikan Anda

logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di