Card image cap

Janji Allah untuk Orang yang Berinfak

Berinfak merupakan salah satu kebiasaan orang-yang bertaqwa kepada Allah. Dengan berinfak banyak sekali manfaat-manfaat yang akan kita dapatkan baik itu untuk diri kita sendiri maupun untuk orang yang menerima sedekah tersebut. Dengan berinfak kita telah membantu saudara-saudara kita yang lebih membutuhkan, Allah telah berjanji dalam Al-Quran akan memberi balasan yang lebih kepada orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, sebagai mana firmannya dalam  Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 261.

Perumpamaan infak yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan ganjaran bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas karuniaNya lagi maha mengetahui.

Adapun beberapa manfaat yang telah dijanjikan oleh dan Allah dan Rasulnya bagi orang-orang yang berinfak di antaranya itu:

  1. Dapat Menghapus Dosa 

Kita sebagai umat manusia tentunya tidak akan luput dari perbuatan dosa, namun Rasulullah telah bersabda bahwa salah satu hal yang dapat menghapus dosa yaitu dengan berinfak. Sebagaimana bunyi hadits berikut. Nabi Muhmammad Shallalahu AlaihiI wa Sallam bersabda, Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. HR. At-Tirmidzi. 

Sedekah merupakan salah satu cara Allah untuk menghapus dosa manusia. Pasalnya sedekah ini mudah sekali dilakukan namun menjadi amalan yang sangat istimewa, cukup dengan tersenyum sahabat sudah dapat bersedekah kepada orang lain. Sedekah ini tidak selalu berupa uang, namun sedekah ini disesuaikan dengan kemampuan dan keadaan kita sendiri.

  1. Tidak Harus Dengan Harta

Bagaimana dengan kita yang ingin bersedekah namun tidak memiliki uang untuk disedekahkan? hal ini pasti pernah dialami oleh kita, untuk itu Rasulullah pernah bersabda: Kamu menyingkir kan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.HR. Bukhari. A

Tidak memiliki uang atau harta bukan berarti menjadi penghalang kita untuk bersedekah. ada pepatah mengatakan lebih baik memberi daripada menerima. Itulah mengapa sedekah tidak hanya sekedar tentang uang saja, tetapi juga senyum, membantu orang ketika susah, menyingkirkan duri dijalan juga termasuk sedekah.

  1. Tidak Mengurangi Harta

Dengan berinfak sahabat akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda, Allah sendiri yang akan memberi balasan bagi orang-orang yang telah menginfakkan hartanya di jalan Allah. Sesuai dengan Firman Allah yang terdapat dalam Al-Quran  Al-Baqarah ayat 261.

Itulah sebabnya kita dianjurkan untuk memperbanyak sedekah karena amalan ini bukan hanya bisa untuk menghapus dosa dan membersihkan diri, namun juga menjadi kunci untuk mendapatkan rezeki yang berkah dan bermanfaat.

  1. Mendapatkan Pertolongan Pada Hari Kiamat Kelak

Rasulullah telah memberikan kabar gembira bagi orang-orang yang gemar bersedekah, telah dikatakan bahwa ada tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan pada hari kiamat kelak. Salah satunya ialah orang yang gemar berinfak. Adapun ciri-ciri orang yang dimaksud yaitu terdapat dalam hadits berikut. Nabi Muhammad Shallalahu AlaihiI wa Sallam bersabda: Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya“. HR. Bukhari. Masih banyak lagi manfaat yang akan didapatkan orang orang yang gemar berbagi, semoga apa yang telah ditulis ini dapat bermanfaat. Wallahu a’lam


 

Sebarkan Kebaikan Anda

logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di