Card image cap

Hak-Hak Anak Yatim Dalam Islam

Islam telah mengajarkan kita untuk memuliakan anak yatim, banyak sekali ayat-ayat Al-Qur’an yang memerintah kan kita untuk berlaku baik kepada mereka. Salah satu ayat yang memerintahkan kita untuk berlaku baik kepada mereka yaitu terdapat dalam surah (QS. Al Ma'un: 1-7). yang berbunyi “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan hari pembalasan? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. Orang-orang yang berbuat riya’  dan enggan (menolong dengan) barang berguna.”

Orang yang memuliakan anak yatim akan mendapatkan keistimewaan tersendiri dari Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, keistimewaan tersebut telah disebutkan dalam hadits beliau. Rasulullah saw. bersabda, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini,” kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya” (HR. Bukhari, Shahih Bukhari, Sahl bin Sa’ad As-Sa’idiy: 5304).

Tahukah sahabat apa saja hak-hak anak yatim dalam pandangan islam! yuk simak penjelasan berikut:

  1. Diperlakukan dengan baik

“Maka terhadap seorang anak yatim piatu maka janganlah engkau berlaku sewenang wenang. Dan terhadap  pengemis janganlah menghardik”.(QS. Ad Dhuha: 9 – 10). Dari ayat di atas tampak jelas bahwa Allah telah melarang kita untuk berlaku sewenang-wenang terhadap anak yatim, hal tersebut merupakan perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah dan Rasulnya.

  1. Mendapatkan kecukupan makan dan kebutuhan

Dari Ibnu Abbas r.a. bahwa Nabi saw bersabda : barang siapa yang memberi makan dan minum individu seorang anak yatim piatu diantara kaum muslimin, maka Allah akan memasukkannya kedalam surga, kecuali dia melakukan satu dosa yang tidak diampuni.

  1. mendapatkan perlindungan

Mendapatkan perlindungan merupakan hak yang harus kita berikan kepada mereka, Allah memerintahkan kita untuk  memberikan makan kepada anak yatim yang terdapat dalam surah Al Insan ayat 8, begitu juga dengan perlindungan kepada meraka Allah juga berfirman dalam surah Ad Dhuha ayat 6 “Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu.”

  1. Mendapatkan pendidikan

Pendidikan merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang, tidak terkecuali dengan adik-adik yatim dan dhuafa. Mereka sudah sepatutnya kita bantu untuk mendapatkan pendidikan yang baik, kecintaan kita kepada mereka akan membawakan keberkahan untuk kita dan keluarga. Sebagaimana dengan hadits nabi diatas yang berbunyi “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini,” kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya”

  1. Hak harta

Hak yang dimaksud tersebut, yaitu, larangan untuk membelanjakan harta yang ia miliki di luar tujuan kemaslahatannya. Ini sesuai dengan firman Allah yang berbunyi : “Dan janganlah kamu dekati harta seorang anak yatim piatu, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat, hingga sampai ia dewasa.” (QS. al An’am [6]: 152).

 

Sebarkan Kebaikan Anda

logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di