Card image cap

Dua jin Yang Dilempar Malaikat

Nabi Sulaiman merupakan seorang Nabi yang memiliki kerajaan sangat istimewa, bahkan tidak ada seorangpun yang akan memiliki kerajaan yang sama seperti apa yang telah dimiliki nabi Sulaiman. Sebagaimana sang Nabi berdoa kepada Allah yang diabadikan dalam Al-Quran "Ia berkata, 'Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang pun sesudahku." (QS Shad 38:35).

Pada sebuah kisah dikatakan bahwa pada zaman Nabi Sulaiman AS, hiduplah seorang laki-laki yang memiliki pohon yang sangat besar di sebelah rumahnya. Di atas pohon tersebut terdapat burung merpati yang sedang bertelur, istri dari laki-laki tersebut kemudian menyuruhnya untuk mengambil telur burung tersebut, dan ia melakukan apa yang diperintahkan oleh sang istri.

Mengetahui sang telur telah diambil oleh laki-laki tersebut, sang induk merpati langsung pergi untuk mengadukannya kepada Nabi Sulaiman AS. Akhirnya Nabi Sulaiman mengundang laki-laki itu untuk pergi ke istana kemudian menyuruhnya untuk bertobat. Setelah dinasehati oleh Nabi Sulaiman, sang laki-laki itu pun berjanji untuk tidak melakukan kesalahan itu lagi. 

setelah beberapa waktu berlalu, sang istripun kembali untuk menyuruh suaminya untuk mengambil anak burung tersebut. Namun sang laki-laki itu teringat akan janjinya, namun karena bujukan sang istri ia pun kembali melakukan perbuatan tersebut.

Kemudian Nabi Sulaiman merasa geram dengan perlakukan orang tersebut, hingga ia menyuruh dua iblis untuk menjaga pohon besar itu, “jika ia memanjat pohon tersebut lagi dan mengambil anak-anak burung tersebut, maka lemparlah ia dari atas pohon itu” ujar Nabi Sulaiman.

ketika telah berlalu beberapa waktu, sang induk merpatipun kembali memiliki anak. Ketika sang pemuda tersebut hendak memanjat pohon itu untuk mengambil anak-anak burung, tiba tiba datanglah seorang pengemis yang mengetuk rumahnya. Sang lelaki itupun menyuruh sang istri untuk memberikannya sesuatu, namun ia menjawab “kita tidak memiliki apa apa”

Laki-laki itu lantas mengambilkan segenggam makanan lalu memberikannya kepada pengemis tersebut, lalu ia kembali memanjat pohon tersebut dan mengambil anak-anak burung itu.

Ketika sang induk burung mengadu kembali kepada Nabi Sulaiman, iapun marah kepada dua iblis yang diperintahkannya, Sang iblispun menceritakan bahwa sebelum lelaki itu memanjat pohon, ia memberikan sedekah segenggam makanan kepada seorang pengemis.

Ketika kami hendak meraih kakinya, tiba-tiba Allah memerintahkan dua malaikat untuk mencekik dan melemparkan kami berdua hingga ketempat yang jauh.

Dari kisah diatas dapat kita simpulkan bahwa sedekah memiliki banyak sekali manfaat, selain untuk membantu orang lain, sedekah juga akan memberikan keberkahan kepada orang yang bersedekah. Sebagaimana bunyi salah satu hadits berikut: Abu Hurairah menyatakan bahwa Rasulullah bersabda, Tidaklah seorang yang bersedekah dengan harta yang baik, Allah tidak menerima, kecuali yang baik, kecuali (Allah) Yang Maha Pengasih akan menerima sedekah itu dengan tangan kanan-Nya. Jika sedekah itu berupa sebuah kurma, maka di tangan Allah Yang Maha Pengasih, sedekah itu akan bertambah sampai menjadi lebih besar dari gunung sebagaimana seseorang di antara kalian membesarkan anak kudanya atau anak untanya. (HR. Muslim No. 1684).

Sebarkan Kebaikan Anda

logo
Graha Yatim Mandiri
Jalan Raya Jambangan No.135-137 Surabaya
08113701100
infak@yatimmandiri.org

Temukan Kami Di